Rupiah Disebut Sebagai Mata Uang Sampah

Berita Terkini Rupiah Tergoong Mata Uang 'Sampah', Paling Tak Berharga di Dunia

Rupiah ternyata termasuk dalam 15 mata uang yang ada dalam daftar ‘sampah. Maksudnya, 15 mata uang tersebut memiliki nilai tukar paling rendah terhadap dolar AS. Fakta ini diungkap oleh The Richest yang menyebutkan Indonesia ada di urutan keempat negara dengan nilai mata uang terendah di dunia.

Terdapat 180 mata uang yang diakui penggunaannya secara internasional oleh PBB. Tidak dapat dipungkiri bahwa dolar Amerika Serikat (AS) merupakan acuan untuk nilai tukar mata uang lain. Ada mata uang yang nilainya lebih tinggi dari dolar. Misalnya, Euro. Dan, kebalikannya ada banyak mata uang yang nilainya lebih rendah dari dolar AS. Beberapa di antaranya bahkan nilainya sangat rendah.

Atas keadaan ini, muncul istilah ‘mata uang sampah‘ untuk mata uang yang nilai tukarnya terlalu jauh dari dolar AS. Lalu di mana posisi rupiah? Ternyata mata uang Indonesia ini tergolong ‘mata uang sampah’ tadi. Saat ini, 1 dolar AS setara dengan Rp 12.467. Indonesia pun menduduki peringkat empat dalam hal negara dengan nilai mata uang terendah di planet bumi.

Rupiah masih lebih baik daripada tiga mata uang lain. Mata uang sampah nomor satu dunia adalah Rial Iran. Berikutnya ada Dong dari Vietnam dan Dobra dari Saotome yang ada di peringkat kedua dan ketiga.

Mengapa posisi rupiah sangat rendah? Dan apa masalah mendasar yang harus diperbaiki Indonesia? Menurut majalah The Economist, masalah mendasar Indonesia adalah ndonesia infrastruktur yang jelek, pemerintahan yang birokratis, dan korupsi yang menggurita. Tiga hal inilah yang menjadi PR untuk mendongkrak nilai mata uang rupiah di dunia.

SUMBER

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rupiah Disebut Sebagai Mata Uang Sampah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel